November 20, 2011

Middle Test (UTS)

Hallo kembali nongol lagi, hehe. Kali ini gw bakal ngebahas soal materi2 yg keluar di  UTS  yg telah di telusuri dan di rangkum secara aktual dan setajam silet.. *lho . Oke oke kembali serius..Sebenarnya materi apa sajakah yang keluar di Uts ? Simak di bawah ini, hehe :D


Opaque Color ?? Ini lah salah satu yg keluar di UTS. Opaque bukanlah sebuah warna, yang di maksud sebenarnya, Opaque Color adalah jenis warna yang bersifat solid (tidak dapat ditembus oleh cahaya). Cahaya yang datang akan dipantulkan kembali dan dikonversikan menjadi energi panas. Contoh objek yang merupakan warna opaque adalah kayu, batu, metal.



Warna opaque biasanya digunakan sebagai warna dasar dan diaplikasikan pada cat, airbrushes, sablon. Opaque berfungsi sebagai color base untuk menutup warna (color hidding), melapisi (sealing), memperbaiki dan meningkatkan kehalusan permukaan substrate (berbagai produk dari jenis serat alam lainnya).

Biasa digunakan untuk bahan kayu atau sejenis kayu, bambu, rotan, dll.
Cat berwarna Opaque sangat baik digunakan untuk furniture, daun pintu atau jendela, kusen dan dekorasi interior maupun exterior.

Nah selain Opaque color, ada juga yang namanya "Light Color". Light color adalah warna yang memiliki sedikit bayangan. Cara yang paling mudah untuk menentukan warna pastel adalah dengan seolah-olah menambahkan warna putih pada suatu warna.



Campuran suatu warna dengan warna putih menciptakan warna pastel natural dengan tetap mempertahankan warna asli warna tersebut dan menambahkan kecerahannya.

System Warna
System warna pada mata manusia  adalah sebagai berikut :
Mata normal manusia akan dapat menerima panjang gelombang dari 400 sampai 700 nm, meskipun beberapa orang dapat menerima panjang gelombang dari 380 sampai 780 nm

Berikut Panjang Gelommbang Spektrum Warna :

Ungu 380-450 nm
Biru 450-495 nm
Hijau 495-570 nm
Kuning 570-590 nm
Jingga 590-620 nm
Merah 620-750 nm
Pink 1000-000 nm

Where is Black & White?
Jika semua gelombang cahaya memiliki energi yang seragam maka terciptalah warna putih

Jika semua gelombang cahaya memiliki energi = 0 , maka terciptalah warna hitam
(dengan kata lain hitam merupakan ketidahadiran warna)

Cara kerja mata:
Cahaya yang di pantulkan (atau dipancarkan) oleh sebuah benda ditangkap oleh mata melalui suatu sistem biokamera dengan satu lensa. Di belakang lensa mata akan terjadi bayangan terbalik karena sifat optik dari lensa. Selanjutnya bayangan ini diubah menjadi sinyal-sinyal biolistrik oleh retina untuk disampaikan ke otak.

Ada juga theory tentang MUNSELL COLOR SYSTEM.
Sistem ini terdiri dari 3 dimensi yang dapat diwakili secara silindris sebagai suatu warna solid yakni: HUE (diukur ddengan menggunakan derajat sejajar dengan lingkaran horisontal), CHROMA (diukur mulai dari garis tegak lurus warna natural /gray), VALUE (diukur secara vertikal mulai dari 0 (black) hingga 10 (white).

Munsell menentukan jarak warna 3 dimensi tersebut dengan mengukur dari kekuatan penglihatan manusia. Sedangkan rinciannya adalah sebagai berikut :

HUE = WARNA
Setiap lingkaran horisontal pada Munsell terdapat 5 warna utama, yakni Red, Yellow, Green, Blue, Purple.


VALUE = KECERAHAN
Value sangat beragam, tegak lurus terhadap daerah warna-warna yang solid mulai dari bawah yakni warna hitam (value 0) hingga ke atas yakni warna putih (value 10). Warna natural (grey) berada tegak lurus antara warna putih dan hitam.
Value : Nilai terang atau gelapnya sebuah warna.

CHROMA
Warna chroma hanyalah berkaitan dengan intensitas warna kelabu dalam sebuah warna, dengan kata lain rumus chroma adalah :Hue + Grey. Jadi Chroma adalah tingkat kemuraman/dullness dari sebuah warna.


Nah materi materi di ataslah yg keluar pada waktu Uts kemarin..
Keep reading guys, sekian postingan mengenai mid testnya , hehe

2 comments:

Anonymous said...

good article :D

gw lagi TA dan nyari teori warna pastel...artikel ini bagus ^^b

kk punya rekomendasi buat buku ttg warna ga?

Steve Final Tail said...

kk amalia saya membantu pertanyaannya yah :D
buku yg direkomendasiin (dapat rekomendasi dari dosen juga nih) buku 'Color Basic' by Anne Dameria.
#maaftelat

↓↓↓ Expresikan Komentar Anda ↓↓↓

:f :D :) ;;) :x :$ x( :?

:@ :~ :| :)) :( :s :(( :o

Post a Comment

Maaf kalau saya tidak sempat menjawab/membalas komentar anda, dikarenakan saya tidak online 24 jam.
Mohon gunakan kata-kata yang sopan dalam memberikan komentar.
Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya tidak akan di tampilkan.

© 2011 copyright Colour Theory 27 Themes By Kendhin edited by Topgans
Colour Art History